Usaha Makanan Ringan atau Cemilan

Bisnis makanan ringan bisa menjadi pilihan bisnis yang tepat untuk Anda tekuni. Makanan ringan atau camilan kelihatan sekali telah menjadi salah satu jenis makanan yang banyak menyebar di seluruh wilayah Nusantara. Dan masih banyak masyarakat yang ingin menjalankan bisnis ini.

Bisnis camilan juga merupakan usaha yang sangat potensial ke depannya. Karena makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat ketika begadang, bersantai, menonton tv, nonton bioskop, belajar atau ketika melakukan aktivitas yang lain. Namun bila Anda cuma melihat saja tanpa melakukan tindakan memang akan meragukan. Oleh sebab itu Anda mesti mencoba dan menjalankan usaha ini sebagai salah satu bisnis Anda.

Sebetulnya dengan menjalankan usaha makanan ringan akan membuat Anda maju dan berkembang sebab profit yang bisa diperoleh lumayan besar. Apalagi bila Anda pandai mengkreasikan jenis makanan ringan Anda, maka usaha Anda bisa cepat maju dan sukses. Oleh karena itu memilih camilan sebagai bisnis Anda merupakan pilihan yang sangat bijak.

Di sisi lain, bisnis makanan ringan merupakan usaha berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini dan di masa depan. Kebutuhan pasar untuk makanan ringan terus mengalir dan bertambah. Hal itu dikarenakan para pembeli makanan ringan yang tidak hanya anak kecil, tetapi juga mencakup para remaja, orang dewasa, hingga orang lanjut usia. Maka tidak heran bila para pebisnis makanan yang biasanya disajikan sebagai selingan ketika melakukan kegiatan ini sering sekali kebanjiran customer.

Apalagi bila melihat beraneka ragamnya jenis makanan ringan di Indonesia yang dijual dengan harga yang bervariasi, membuat peluang bisnis makanan ringan ini kian terbuka lebar untuk Anda yang baru akan memulai usaha ini.

Untuk Anda yang berkeinginan untuk memanfaatkan peluang usaha makanan ringan, hendaknya membuat rencana dan persiapan yang rapih terlebih dahulu misalnya dengan melakukan beberapa riset dan analisa target pasar untuk mengetahui makanan ringan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya sedikit.

Cara Memulai Usaha Makanan Ringan atau Cemilan
Bisnis makanan ringan membutuhkan keuletan dan pengelolaan yang baik. Mayoritas pengusaha makanan ringan yang sukses adalah pebisnis yang telah lama berniaga dan sudah mempunyai pembeli tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dipasarkan benar-benar inovatif dan rasanya yang sedap sebab kunci utama bagi para pemula usaha makanan ringan yaitu kreatif dan inovatif. Terdapat banyak hal yang dapat memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seorang perintis bisnis makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

Baca juga  Tips Mengelola Bisnis Es Batu Balok
a) Makanan Ringan yang Anda Jual Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang dipakai, segi pembuatan maupun segi packaging. Bahan baku yang dipakai haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung unsur zat yang berbahaya. Cara pembuatannya harus sesuai prosedur, misalnya gorenglah makanan ringan Anda dengan menggunakan minyak yang berkualitas dan diganti dengan teratur. Kemudian kemaslah makanan ringan yang telah digoreng dengan memakai kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Memiliki Banyak Inovasi Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya
Pengusaha makanan ringan yang sukses merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Oleh sebab itu tidak masalah produk yang Anda jual telah banyak di pasaran, yang penting produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang telah banyak beredar.

c) Bangunlah Relationship dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas Mereka
Layani customer Anda dengan sangat baik dan bijak, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan Anda, dengan senyum dan sapa meskipun hanya sebatas basa-basi, sehingga membuat customer Anda dengan senang hati akan berkunjung kembali. Disamping itu manfaatkan media sosial untuk mempromosikan makanan ringan yang Anda jual untuk membangun hubungan yang dekat dengan pembeli Anda, karena hal ini akan memberi dampak bagus, seperti promosi gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Promosi dari teman ke teman terbukti sangat efektif untuk menjaring customer baru serta meningkatkan omset.

d) Memiliki Strategi Penjualan yang Bagus
Mempunyai Strategi pemasaran yang bagus akan memberikan pengaruh terhadap perkembangan usaha Anda ke depannya, sebab itu, sebagai perintis usaha makanan ringan, Anda harus dapat membangun strategi pemasaran yang bagus serta mampu membaca dan mengerti pasar untuk meningkatkan omset Anda. Seperti memberi diskon, meningkatkan bobot makanan, atau dengan membagikan contoh produk secara gratis kepada masyarakat di sekitar area yang menjadi pangsa pasar.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-makanan-ringan-cemilan/

Analisa Bisnis Grosir Minuman Kemasan


Minuman kemasan adalah salah satu macam minuman favorit untuk banyak orang, khususnya anak kecil. Iklan produk minuman kemasan ini hampir setiap hari kita lihat melalui media massa. Selain mudah untuk didapatkan di pasaran, minuman kemasan ini juga memiliki aneka pilihan rasa serta kandungan gizi.

Minuman kemasan ini juga mudah dibawa berpergian atau bekal sekolah anak. Hal tersebut dikarenakan bungkusnya yang bisa langsung dibuang setelah isinya habis. Macam-macam minuman kemasan yang banyak ditemukan di pasaran umumnya dikemas dalam kaleng, botol, kardus minuman, dan plastik.

Jenisnya ada yang berupa jus buah, susu, teh manis, yoghurt, minuman bersoda, sirup, minuman berenergi dan sebagainya. Macam-macam tersebut tersedia hampir bagi seluruh kalangan, mulai dari untuk anak-anak sampai bagi orang tua yang telah lanjut usia.

Bisnis Minuman Kemasan

Bisnis minuman kemasan merupakan jenis usaha yang begitu menguntungkan. Karena tergolong jenis bisnis kuliner, bisnis minuman kemasan tidak akan pernah kehabisan konsumen. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor konsumen yang selalu memerlukan minuman.

Saat ini bisnis minuman dalam kemasan mulai dikuasai oleh industri berskala besar. Tentunya kita sering melihat bermacam-macam brand minuman dalam kemasan dengan jenis serta rasa yang bermacam-macam di mall. Contohnya seperti susu rasa vanila, cokelat, stroberi, dan sebagainya.

Lalu dapatkah kita menjalankan bisnis minuman kemasan ini dalam skala rumahan yang tidak membutuhkan modal besar? Tentu saja bisa, terlebih lagi saat ini potensi usaha dalam hal ini sedang cukup besar karena dilihat dari sisi kepraktisannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Bisa kita lihat bahwa mulai banyak pula pihak-pihak yang sudah memulai bisnis ini, tak jarang banyak pula yang bisa menggapai kesuksesan, seperti mengemas minuman yoghurt dalam cup, sari buah, dan lain sebagainya. Produk mereka cukup digemari oleh konsumen walaupun skalanya tak tersebar secara luas layaknya produk dari industri besar.

Tips Memulai Bisnis Minuman Kemasan

Bagaimana? Apakah Anda tertarik dengan usaha minuman kemasan? Bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis minuman kemasan ini, berikut ada 5 hal penting yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis minuman kemasan.

Baca juga  Peluang Bisnis Es Tebu Khasiat
1. Buatlah Produk Berkualitas

Produk berkualitas dan aman diminum merupakan poin penting yang pertama. Anda tidak boleh menurunkan kualitas minuman kemasan hanya karena harga yang terjangkau. Tentu saja hal tersebut disebabkan oleh kualitas minuman kemasan bertanggung jawab atas kesehatan pembeli. Ciri-ciri produk berkualitas adalah sebagai berikut :

a) Tahan Lama Namun Sehat

Minuman kemasan yang telah asam artinya telah basi dan tak sehat lagi. Jika Anda tidak paham dengan pengawet yang sesuai untuk minuman Anda, Anda bisa mencoba untuk menghubungi mahasiswa farmasi atau mengunjungi BPOM setempat.

b) Kemasan Tidak Menggelembung

Kemasan yang telah menggelembung juga artinya menandakan bahwa minuman tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi lagi. Minuman tersebut sudah mengandung bakteri yang tak sehat untuk kesehatan. Bakteri itu pula yang menyebabkan kadar gas memadati ruang kemasan sehingga mengakibatkan kemasan menggelembung.

2. Buat Kemasan yang Menarik

Bungkus yang unik akan sangat menarik perhatian calon konsumen. Desain mesti menarik perhatian dan mudah dikenali oleh publik. Bila Anda kerepotan atau tidak memiliki keahlian mendesain, Anda bisa menyewa jasa desainer grafis untuk membuatnya.

3. Kemasan yang Pas dan Sesuai

Ukuran kemasan seharusnya sesuai dengan kuantitas isi minuman yang akan kita tawarkan. Kemasan ada baiknya jangan berukuran terlalu besar serta jangan terlalu kecil pula. Buatlah kemasan proporsional agar tidak ada kesan kemahalan di pikiran para konsumen.

4. Titipkan ke Kantin Sekolah dan Warung

Kantin sekolah dan warung dapat dijadikan teknik yang baik dalam pemasaran. Hal tersebut disebabkan kantin sekolah serta warung sudah memiliki target pasar mereka. Yang harus kita lakukan hanyalah bernegosiasi soal harga dengannya. Setelah itu, keuntungan akan selalu mengalir bersamaan dengan larisnya penjualan.

5. Promosi Bisnis Minuman Kemasan

Anda bisa melakukan promosi baik secara offline ataupun online. Walaupun pada dasarnya kedua teknik promosi tersebut cukup penting, tapi bila Anda hanya melakukan salah satunya pun tak masalah. Namun, akan lebih sempurna jika menggunakan keduanya untuk melakukan penawaran produk minuman kemasan yang Anda jual.

Comments