Tips Memulai Bisnis Kopi Arabika

Kopi adalah golongan minuman yang ramai digemari banyak kalangan baik dari anak muda, dewasa hingga orang tua. Rasa kopi yang sedap dan mantap sangat sesuai dikonsumsi saat kapanpun. Menikmati kopi telah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia mulai dulu sampai sekarang. Minum kopi sendiri banyak dilakukan orang-orang di dini hari, siang hari dan pada malam hari yang sejatinya suasana yang cocok untuk meminum kopi.

Sudah tak asing lagi, tradisi ngopi ini sudah mendarah daging di masyarakat mulai dari golongan ekonomi kecil sampai ekonomi atas. Seluruh golongan masyarakat memang banyak yang gemar kopi, jadi seperti akan ada yang kurang jika melewatkan waktu untuk menikmati kopi.

Kopi sendiri adalah tipe minuman yang diolah dari pengolahan butir kopi. Biji kopi itu dihasilkan dari tanaman kopi yang telah siap dan tua yang kemudian dikupas lalu dikeringkan terlebih dahulu. Setelah tahapan penjemuran lanjut ke tahapan pegongsengan kopi yang dimaksudkan untuk menghasilkan rasa serta aroma kopi yang sangat lezat. Metode ini berlangsung dengan menyangrai kopi tidak memakai minyak, setelah tahap menggoreng selesai biji kopi bisa digiling agar memperoleh bubuk kopi yang halus dan sempurna. Bubuk kopi ini yang nantinya untuk dibuat menjadi minuman yang enak.

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki kopi dengan kuantiti sangat besar sedunia. Oleh karena itu tak asing jika kopi dari Indonesia telah populer sampai mendunia. Salah satu jenis kopi yang menduduki peringkat pertama dengan kualitas terbaik dan bernilai adalah jenis kopi luwak. Kopi tersebut didapat dari sisa pencernaan hewan luwak yang dijual dengan nilai harga paling besar.


1. Target Customer
Anda wajib mengkonsep masak-masak siapa target pelanggan Anda. Siapakah yang nantinya menjadi customer prioritas bisnis kopi arabika Anda. Berapa gajinya. Seperti apa mereka menganggap racikan suatu kopi. Kalangan apakah mereka? Pelajar, kuli, kaum kapitalis, eksekutif kantoran, ataukah para penggemar kopi?

Mempelajari sikap customer dapat membantu merancang teknik selanjutnya. Contohnya tempat yang cocok, bentuk kode yang cocok, dan tarif yang sesuai untuk kopi Anda. Bila modal Anda kecil dan menyasar pelanggan golongan menengah ke atas. Carilah teman atau investor yang mau membiayai usaha Anda.

Cara simpel menemukan investor adalah membawa surat tanah atau BPKB Anda ke Bank. Akan tetapi ada trik lain yang lebih aman dan hemat. Cobalah untuk mengikuti acara-acara kewirausahaan yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga. Contohnya enterpreneurship competition. Bila menang, Anda akan mendapat modal secara gratis.

2. Lokasi Bisnis Kopi Arabika
Anda harus menemukan tempat sangat strategis untuk memulai bisnis kopi ini. Tempat merupakan ujung tombak dalam perjuangan bisnis Anda. Contohnya saja Anda ingin menggunakan konsep warung kopi sederhana, jadi Anda harus mendapatkan tempat yang sering berdekatan dengan khalayak ramai yang mudah ditemui.

Begitu juga jika Anda akan merencanakan usaha kopi dengan kafe. Hal ini dapat sangat menolong jika lokasi yang Anda pilih adalah lokasi yang bersinggungan dengan kampus, swalayan, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Namun bila Anda lebih berniat untuk memanjakan lidah penggemar kopi pada suatu lokasi yang santai, Anda bisa menentukan lokasi di lokasi rekreasi.

3. Menentukan Supplier
Ini merupakan sesuatu yang krusial, yang sering dianggap sepele. Jika Anda membuka kopi untuk sasaran pelanggan kelas menengah ke bawah. Anda tak usah bingung mendapatkan vendor, di pasar banyak pebisnis kopi arabika dari langsung ataupun tidak.

Baca juga  Mari Menilik Bersama Peluang Usaha Jus Kaki Lima
Berbeda lagi kalau target Anda kalangan menengah ke atas. Jika Anda mau income puluhan juta perhari, Anda wajib menyasar pembeli ini. Mereka sudi membayar mahal, oleh karena itu kalangan ini pantas disuguhi kopi terenak sejagad raya.

Anda dapat saja survei ke pelbagai lokasi untuk menemukan kopi yang cocok. Nikmatilah, itu merupakan biaya riset yang wajib Anda lalui.

4. Servis yang Berkualitas
Terus membuat pelayanan yang baik dan memuaskan bisa sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha menjadi sangat dinamis. Ini bisa menjadi suatu keunggulan yang bisa saja sukar didapatkan oleh pelanggan dari usaha kopi lainnya. Buatlah bisnis kopi arabika Anda sebuah usaha yang memiliki tata krama, karena hal tersebut dapat membuat timbal balik yang luar biasa dari para pelanggan. Dengan service yang memuaskan dan sopan, Anda pun juga harus memperhatikan kesempurnaan dari tempat yang Anda tempati untuk usaha kopi tersebut.

5. Tips Marketing
Anda bisa menggunakan cara online ataupun offline. Jika Anda sudah menjalankan konsep usaha offline, maka Anda bisa memakai media online untuk menjual usaha kopi Anda secara online. Jadi akan semakin ramai yang tahu usaha kopi yang Anda kelola.

Demikian mengenai potensi peluang bisnis kopi yang bisa Anda pelajari dengan nyata supaya Anda lebih ringan dan semangat dalam mengolah bisnis kopi yang menguntungkan.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-kopi-arabika/

Cara Memulai Bisnis Makanan Beku yang Menggiurkan


Peluang dan cara memulai bisnis makanan beku di saat ini mungkin memang bisa diangkat menjadi salah satu ide peluang usaha yang berpotensi besar dan menguntungkan, pasalnya dewasa ini dengan banyaknya varian produk makanan beku sendiri memang mulai sering diburu dan digemari oleh beberapa kalangan sebab sifatnya yang instan. Banyaknya tingkat kesibukan dari sebagian golongan masyarakat terhadap aktivitas yang sering mereka kerjakan di setiap harinya memang membuat mereka terbatas dalam menjalankan hal yang lain, maka dari itulah pastinya tak kaget bila sampai sekarang ini mereka pun akan mencari beberapa hal yang instan mulai dari layanan jasa sampai produk makanan yang akan mereka nikmati dalam keseharian.

Dengan itu maka mereka pun tak usah sibuk memasak sampai mengerjakan kegiatan lainnya dikarenakan padatnya kegiatan utama masyarakat, jadi tak heran apabila sekarang ini akan lebih banyak warga kita yang memerlukan dan lebih mencari semua hal yang instan. Khususnya dalam bidang makanan, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa untuk bisa menikmati makanan maka seseorang pun harus dapat memasaknya terlebih dulu, dan untuk orang-orang yang memiliki kesibukan yang dapat dikatakan sibuk maka tentu mereka pun tak akan mempunyai waktu untuk melakukan hal tersebut.

Kesempatan Bisnis Makanan Prospektif

Tentu Saya dan Anda juga pernah mengerti bahwa jika sudah berhubungan di ranah makanan maka masing-masing masyarakat pun akan selalu membutuhkannya tanpa terkecuali, dan memang langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk tidak membuatnya ialah dengan membeli di rumah makan atau terdapat juga pilihan yang lain yakni frozen food yang cukup dipanaskan saja untuk dapat dinikmati. Melihat dari kondisi tersebut sebenarnya froozen food sendiri dapat menjadi suatu kesempatan usaha yang profitable, sehingga tidak heran bila ide peluang bisnis makanan beku disebut menjadi ide peluang bisnis yang tepat untuk dijual di daerah perkotaan.

Apabila ingin membuat produk frozen food maka sebetulnya pada sekarang ini sudah ada lumayan banyak dan bahkan sangat banyak macam-macam dari frozen food, mungkin kita semua juga sudah familiar jika mendapati produk frozen food seperti nugget, kentang, sosis, baso, hingga produk daging lainnya yang memang sudah banyak terdapat di supermarket. Dan jika tahu peluang penjualan dari produk makanan beku jenis itu mungkin memang bisa dikatakan akan memiliki tingkat pesaing yang kompetitif pada saat ini, maka dari itulah jika Anda tertarik dalam bidang frozen food ini dianjurkan memilih jenis produk kuliner lainnya yang terhitung belum banyak di pasaran sehingga akan menjadi unik ketika diketahui oleh konsumen.

Baca juga  Cara Membuat Capcay Enak dan Lezat
Ciptakan Usaha Makanan Beku Yang “Berbeda”

Tahukah Anda bahwa pada saat ini yang dijadikan produk frozen food tidak hanya makanan untuk menemani santap makan, namun aneka kue pun pada saat ini sudah tersedia dalam bentuk frozen food, dan hal tersebut tentu akan membuat peluang usaha yang unik karena masih banyak orang belum melihat peluang ini. Beberapa contohnya yaitu donat, bakpau, risol, onde-onde, bahkan hingga aneka makanan pasar yakni kue cucur pun pada saat ini sudah ditemukan dalam bentuk makanan beku, dan pastinya masih banyak juga varian atau ragam kue lainnya yang mungkin memang akan cenderung menjadi produk kuliner untuk camilan.

Akan tetapi memang agar bisa menciptakan di bidang usaha frozen food investasi dana yang dibutuhkan cukup banyak, walaupun produk makanan beku ini dapat terjangkau harga jualnya, tetapi alat operasional yang diperlukan untuk menyimpan ragam makanan beku ini tidaklah murah sebab harus memiliki freezer.

Kalau Anda ingin bertanya lebih lanjut mengenai kesempatan usaha ini segera menghubungi kami di nomor yang tertera di website, anggota kami akan senang hati membantu dan memberikan solusi. PT Ramesia Mesin juga menjual alat untuk keperluan bisnis makanan beku harga jual yang murah.


Comments