Daftar Makanan Ringan untuk Usaha Kecil dan Menengah

Usaha makanan ringan dapat dijadikan pilihan bisnis yang pas untuk Anda jalankan. Makanan camilan telah menjadi salah satu bentuk kuliner yang banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dan masih banyak masyarakat yang ingin menjalankan bisnis ini.

Bisnis makanan ringan menjadi bisnis yang sangat prospektif ke depannya. Sebab makanan ringan sering dikonsumsi masyarakat saat sedang bersantai, menonton tv, begadang, nonton bioskop, belajar atau saat melakukan aktivitas lainnya.

Namun, apabila Anda cuma melihat tanpa adanya gerakan dalam bidang ini memang akan meragukan. Oleh karena itu Anda harus mencoba dan menggerakkan bisnis tersebut sebagai salah satu usaha Anda.

Sebetulnya dengan menggeluti usaha makanan ringan akan membuat Anda maju dan sukses sebab keuntungan yang bisa didapat lumayan besar. Apalagi, jika Anda pintar mendesain bentuk makanan ringan Anda, secara tidak langsung bisnis Anda akan cepat maju dan sukses.

Oleh sebab itu menjadikan makanan ringan sebagai usaha Anda adalah pilihan yang tepat.
Di samping itu, bisnis makanan camilan merupakan usaha berskala rumah tangga yang memiliki prospek sangat bagus hingga saat ini maupun di masa depan.

Permintaan pasar untuk makanan ringan selalu mengalir dan meningkat. Hal itu disebabkan para penikmat makanan ringan bukan hanya anak-anak saja, melainkan banyak golongan diantanyanya remaja, dewasa hingga orang tua.

Maka tidak heran jika para pengusaha makanan yang biasanya disajikan untuk selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan.
Apalagi melihat banyaknya jenis makanan ringan di Indonesia yang dijual dengan harga yang bervariasi, membuat peluang usaha makanan ringan ini semakin terbuka lebar untuk Anda yang baru akan mengawali bisnis tersebut.

Untuk Anda yang berminat dengan peluang bisnis makanan ringan, hendaknya membuat planning serta persediaan yang matang misalnya melakukan berbagai observasi dan analisa pasar untuk mengetahui makanan camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Baca juga  Mencengangkan! Inilah Manfaat Susu Kedelai Cair Bagi Tubuh Yang Belum Banyak Diketahui
Contents [hide]

1 Kiat Sukses Seorang Pemula dalam menjalani Usaha Makanan Ringan
2 Makanan Camilan yang Anda Pasarkan Memiliki Kualitas Bagus
3 Harus Mempunyai Bentuk Desain yang Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya
4 Ciptakan keakraban dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas Mereka
5 Mempunyai Strategi Marketing yang Bagus
6 Visioner, Berpikir Besar, Berpikir Positif
Kiat Sukses Seorang Pemula dalam menjalani Usaha Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pebisnis makanan ringan yang berhasil adalah pengusaha yang telah lama berbisnis dan sudah mempunyai pelanggan tetap, ditambah lagi makanan ringan yang dipasarkan benar-benar inovatif dan mempunyai rasa yang sedap sebab kunci utama bagi para pemula usaha makanan ringan yaitu inovatif dan kreatif.
Ada beberapa faktor yang dapat memberikan dampak keberhasilan seorang pendatang baru dalam usaha makanan ringan, diantaranya sebagai berikut:

Makanan Camilan yang Anda Pasarkan Memiliki Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan Anda jual harus memiliki kualitas yang baik, entah itu dari segi bahan baku yang dipakai, segi pengolahan maupun segi pengemasan.

Bahan baku yang dipakai terbukti bersih dan tidak mengandung zat berbahaya. Cara pembuatannya pun harus sesuai aturan. Misal, goreng makanan ringan Anda dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara teratur.

Kemudian kemaslah makanan ringan yang telah selesai digoreng dengan memakai kemasan yang baik dan menarik.

Harus Mempunyai Bentuk Desain yang Baik Dalam Produknya Maupun Cara Marketingnya
Pengusaha makanan ringan yang berhasil adalah pengusaha yang selalu berinovasi dalam membuat makanan ringan yang berbeda, sehingga menjadikan produk Anda lebih mudah dicari dan dapat dibedakan oleh para konsumen.

Maka dari itu tidak masalah apabila produk yang Anda jual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang Anda jual tersebut terlihat berbeda dengan makanan ringan yang telah ada saat ini.

Baca juga  Peluang Usaha Makanan Ringan Curah
Ciptakan keakraban dengan Pelanggan Untuk Menjaga Loyalitas Mereka
Berikan pelayanan yang baik kepada customer dengan bijaksana, tidak peduli Anda kenal atau tidak dengan pembeli tersebut. berikan kesan yang mendalam kepada customer, sehingga customer dengan mudah untuk berkunjung kembali.
Selain itu gunakanlah media sosial untuk membranding produk makanan camilan Anda agar dapat mendatangkan relationship dengan pembeli, karena hal ini akan berdampak positif, seperti promosi gratis dari teman ke teman pembeli.

Promosi dari teman ke teman terbukti sangat bagus untuk mendapatkan customer baru serta meningkatkan penjualan.

Mempunyai Strategi Marketing yang Bagus
Memiliki Strategi marketing yang baik akan memberikan pengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda kedepannya, sebab itu, sebagai pemula usaha makanan ringan, Anda harus mampu memakai tips penjualan yang bagus serta mampu membaca dan memahami pasar untuk meningkatkan penjualan Anda. Seperti memberikan potongan harga, meningkatkan bobot makanan, atau dengan membagi-bagikan sampel produk secara gratis kepada orang-orang di wilayah yang menjadi tempat penjualan.

Visioner, Berpikir Besar, Berpikir Positif
Memiliki visi dan misi serta berpikir positif dalam berbisnis merupakan suatu hal yang penting. Dalam menjalankan suatu usaha diharuskan untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada pembeli.
Pikiran yang jernih akan membuat Anda tenang dalam mengelola bisnis makanan ringan dan mempunyai visi yang jitu. Hindari pikiran yang sempit dan negatif karena apa yang Anda pikirkan dapat menjadi kenyataan, oleh sebab itu sangat penting bagi seorang pemain bisnis untuk selalu positive thinking.
Berikut ini aneka peluang usaha makanan ringan yang dapat Anda jadikan:

Aneka Gorengan

Gorengan merupakan salah satu camilan yang diminati oleh semua orang. Sekilas tentang aneka macam gorengan yang ramai dijual, antara lain: Tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh gorengan yang lain.

Sumber : https://ramesia.com/makanan-ringan-untuk-usaha/
https://ramesia.com/

Tips dan Cara Membuat Gulali Tanpa Mesin

Kebanyakan orang menamakan gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut nenek-nenek.

Jenis gulali yang terakhir dibuat menggunakan sebuah mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula yang halus. Jika serat-serat gula tersebut dikumpulkan, maka akan terlihat seperti sebuah kapas. Di Indonesia, gulali jenis ini lebih dikenal dengan nama arum manis.

Kini, seiring dengan perkembangan zaman, berbagai macam gulali di atas sudah sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda ingin bernostalgia dengan aneka gulali tersebut, maka Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan langkah-langkah yang mudah.

Jenis Gulali
Permen Gulali Gula Jawa

Jenis gulali yang paling tradisional adalah gulali yang dibuat dari gula merah atau gula jawa. Konon, gulali jenis ini merupakan cikal bakal dari kemunculan berbagai macam gulali yang ada saat ini.

Baca juga  Berikut Cara Mudah Membuat Gulali Kapas yang Lezat dan Bergizi
Gulali jenis ini memiliki warna coklat kehitaman dan biasanya ditusuk menggunakan potongan batang kayu kecil. Gulali dari gula jawa ini biasanya dicampur dengan kacang tanah.

Permen Gulali gula Pasir
Gulali ini lebih berwarna karena para pedagangnya biasa memberikan pewarna makanan atau pasta makanan untuk membuatnya lebih menarik jika dibentuk.

Gulali jenis ini juga bisa dibentuk menjadi aneka kreasi berbentuk hewan, seperti ayam, burung, mainan, pesawat, mobil-mobilan, dan lain-lain, sehingga anak-anak semakin menyukai gulali ini.

Dan bahkan, gulali jenis ini terkadang bisa kita tiup sehingga menghasilkan suara siulan layaknya peluit tukang parkir atau satpam.
Permen Gulali Rambut Nenek
Gulali ini terbuat dari gula pasir dicampur dengan tepung. Para penjual biasanya menarik-narik adonan gulali jenis ini sedemikian rupa sampai gulali ini berbentuk seperti mi atau benang sutra.

Kebanyakan orang menyebut gulali ini sebagai rambut nenek karena bentuknya yang terlihat kusut dan acak-acakan mirip seperti rambut seorang nenek-nenek, sehingga banyak yang menyebutnya Gulali Rambut Nenek.

Konon katanya, orang-orang Cina sering menyebut gulali jenis ini dengan sebutan jenggot seekor naga.
Permen Gulali Arum Manis
Jenis gulali yang terakhir ini dibuat dengan mesin khusus yang berputar dan menghasilkan serat-serat gula halus, namanya Cotton Candy Machine.

Mesin Cotton Candy ini bisa Anda pesan juga di Ramesia Mesin. Jika serat-serat tersebut dikumpulkan, maka akan tampak seperti kapas oleh karena itu gulali jenis ini disebut juga dengan permen kapas (Cotton Candy).

Di Indonesia, gulali jenis ini lebih populer dengan sebutan arum manis.

Resep Cara Membuat Gulali
Resep Permen Gulali Gula Jawa

Bahan

– 500 gr gula jawa atau gula merah yang sudah dihaluskan
– 125 ml air atau secukupnya
– Kacang tanah yang telah dipotong kecil-kecil
– Tusukan sate
Cara Membuat
1. Masukkan gula jawa dan air ke dalam wajan kemudian aduk hingga tercampur dengan merata. Nyalakan kompor dengan api sedang lalu letakan wajan di atasnya.
2. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Selalunjutnya masukan potongan kacang tanah lalu aduk-aduk kembali hingga merata. Jika airnya sudah sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan tampak mulai mengental.
3. Jika sudah mengental, sila mencelupkan tusuk sate ke dalamnya lalu ambil gulalinya. Selamat menikmati gulali tradisonal ini. Jika ingin disimpan dalam waktu yang lama, Anda bisa membungkus gulali yang sudah ditusuk tadi menggunakan plastik kemudian masukkan ke dalam toples.

Comments