Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda

Membuka suatu usaha tidak selalu membutuhkan modal besar. Misalnya usaha di bidang makanan ringan yang bisa Anda mulai dengan modal ratusan ribu saja. Anda juga tidak perlu menyewa ruko dan membeli perlengkapan industri khusus. Menariknya adalah untung dari bisnis makanan ringan ternyata menggiurkan.

Meskipun bukan makanan pokok, tak sedikit orang yang menyukai makanan ringan. Biasanya makanan ringan dijadikan oleh-oleh atau dikonsumsi saat bersantai. Agar bisnis makanan ringan Anda sukses, Anda perlu memiliki jaringan pemasaran yang lumayan luas dan menjualnya dengan harga terjangkau.

bisnis makanan ringan

Rempeyek Kacang
Camilan ini termasuk yang paling digemari masyarakat Indonesia karena mempunyai citarasa gurih dan tekstur garing. Rempeyek kacang kerap dimakan sebagai pengganti kerupuk. Umumnya rempeyek kacang dijual di warung makan, restoran dan kantin.

Proses pembuatan rempeyek kacang juga tidak tergolong rumit. Selain itu, bahan-bahan rempeyek kacang juga dapat Anda peroleh di pasar maupun tukang sayur. Peralatan untuk membuat rempeyek kacang pun cukup sederhana. Inilah mengapa bisnis makanan ringan berupa rempeyek kacang dapat Anda kerjakan di rumah Anda sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bumbu halus dari ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih dan garam. Lalu, campur tepung beras, santan, irisan daun jeruk purut, kuning telur, kacang tanah dengan air dan bumbu halus.

Langkah selanjutnya yaitu goreng adonan sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Tiriskan rempeyek kacang supaya kerenyahannya tetap terjaga. Kemudian masukkan rempeyek kacang buatan Anda di dalam kemasan plastik.

Analisis Usaha
santan kelapa                                              Rp4.000,00
¼ kilogram tepung beras                             Rp4.000,00
1 butir telur                                                  Rp2.000,00
6 butir bawang putih                                    Rp1.000,00
¼ kilogram kacang tanah                            Rp7.000,00
6 lembar daun jeruk                                    Rp1.000,00
1 liter minyak goreng                                  Rp15.000,00
garam                                                         Rp2.000,00
5 butir kemiri                                              Rp1.000,00
1 ruas kencur                                             Rp1.000,00
1 bungkus ketumbar                                  Rp1.000,00
plastik                                                        Rp10.000,00
Total                                                                     Rp49.000,00

Harga Jual Rp4.000,00 x 30                                Rp120.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp120.000,00 – Rp49.000,00 = Rp71.000,00

bisnis makanan ringan
Singkong Keju
Dahulu singkong sering diidentikkan sebagai makanan orang desa. Padahal, singkong bisa dikreasikan menjadi camilan yang lezat, kekinian dan bernilai jual cukup tinggi. Dengan tambahan parutan keju, singkong akan semakin dilirik oleh konsumen.

Singkong keju memiliki bagian dalam yang empuk dan lumer. Sementara itu, di bagian luarnya merekah dan terasa renyah. Perpaduan inilah yang membuat singkong keju selalu ludes diburu para penggemarnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa singkong keju Anda enak dan memanjakan lidah konsumen. Pertama, Anda disarankan tidak memilih singkong yang telah lama dicabut dan ujungnya kebiruan. Kedua, jangan potong singkong dengan ukuran kecil karena singkong akan mudah hancur.

Cara membuat singkong keju adalah kupas dan cuci singkong sampai bersih. Setelah itu, potong singkong dalam ukuran agak besar dan kukus hingga empuk. Angkat kukusan dan rendam singkong di dalam wadah berisi air es yang telah diberi bumbu halus berupa bawang putih dan garam.

Waktu perendaman berlangsung selama 1 jam. Langkah berikutnya ialah menggoreng singkong memakai minyak banyak sampai warnanya kuning keemasan. Terakhir, taburkan keju parut di bagian atas singkong.

Analisis Usaha Bisnis Makanan Ringan
1 kilogram singkong                              Rp2.000,00
bawang putih                                        Rp1.000,00
keju parut                                             Rp15.000,00
garam                                                  Rp1.000,00
Baca juga  Menambah Menu dalam Usaha Roti Bakar yang Unik
Total                                                               Rp19.000,00

Harga Jual Rp1.500,00 x 30                          Rp45.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp45.000,00 – Rp19.000,00 = Rp26.000,00

bisnis makanan ringan

Bolu Ngakak
Nama camilan ini begitu unik ya. Bagi Anda yang belum tahu, bolu ngakak adalah bolu kukus yang terlihat sangat mekar. Bentuknya persis orang yang tertawa terpingkal-pingkal. Berbagai kalangan usia senang menyantap bolu ngakak karena rasa manisnya yang pas dan lumer di mulut.

Jika dibandingkan dengan brownies atau kue lainnya, bolu ngakak paling mudah dibuat. Kelebihan bolu ngakak lainnnya adalah proses pembuatannya tidak memakan waktu yang lama. Bahkan, adonan bolu ngakak juga bisa Anda aduk menggunakan kocokan tangan.

Meskipun termasuk kue tradisional, bolu ngakak tidak pernah lekang oleh zaman. Dari waktu ke waktu, bolu ngakak selalu ramai akan peminat. Supaya bolu ngakak buatan Anda semakin laris manis, tidak ada salahnya membuatnya menjadi beraneka motif misalnya zebra, pelangi dan semangka.

Agar bolu ngakak Anda merekah sempurna, kocok guladengan telur sampai mengembang dan gunakan api yang agak besar. Untuk tempat pemasaran, Anda dapat menjualnya di pasar, warung, rumah makan, kantin dan toko.

Analisis Usaha
¼ kilogram terigu                    Rp2.500,00
¼ kilogram gula pasir             Rp4.000,00
2 telur                                     Rp4.000,00
1 botol sprite                          Rp1.500,00
pewarna makanan                 Rp3.000,00
cup                                        Rp5.000,00
SP                                         Rp4.000,00
Total                                                Rp24.000,00

Harga Jual Rp1.000,00 x 40          Rp40.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp40.000,00 – Rp24.000,00 = Rp16.000,00

bisnis makanan ringan

Kacang Bawang
Bagi Anda yang ingin memperoleh penghasilan tambahan, berjualan kacang bawang adalah ide cemerlang. Makanan ringan yang enak dan cenderung asin ini sangat diminati oleh banyak orang. Aroma kacang bawang yang khas membuat siapa saja tidak bisa berhenti mengunyahnya.

Produk kacang bawang sering cepat ludes di swalayan maupun warung. Umumnya, orang mengonsumsi kacang bawang sebagai camilan di kala senggang. Dewasa ini kacang bawang pun memiliki aneka rasa seperti jagung bakar, keju dan pedas. Namun, kacang bawang biasa tetap laku di pasaran.

Bahan-bahan untuk membuat kacang bawang juga sederhana, yaitu terdiri dari kacang tanah, minyak goreng, air dan bawang putih. Jangan ragu berbisnis kacang bawang ya. Apalagi saat mendekati Lebaran, harga kacang bawang mengalami kenaikan yang cukup fantastis.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-makanan-ringan/

Membuka Usaha Kecil dengan Menjual Popcorn


Apa Itu Popcorn?
Apa itu popcorn? Popcorn merupakan makanan atau jajanan yang terbuat dari jagung yang dimakan saat sedang bersantai, menonton film, dan acara keluarga. Popcorn adalah makanan yang banyak diminati oleh anak kecil dan remaja yang banyak dijual di bioskop, area taman bermain, pasar malam, kantin sekolah, dan kampus atau juga tempat orang-orang yang berkumpul. tempat seperti yang disebutkan sebelumnya yang menjadi sasaran paling pertama dalam menjual popcorn.

Bahan baku pembuatan popcorn adalah jagung dan mentega. Popcorn adalah jagung atau biji jagung yang dipanaskan dengan suhu tinggi. Sedangkan mentega sendiri kita pakai agar popcorn menjadi lebih gurih. Membuat popcorn tidaklah susah hanya dengan memasukkan satu sendok makan mentega dan 2 atau tiga sendok biji jagung ke dalam mesin popcorn. Dan dalam waktu dua menit popcorn yang gurih dan lezat siap untuk dijual dan disantap.

Sebelum kita menjual popcorn pastikan kita sudah mencari lokasi usaha popcorn yang strategis dan ramai karena tidak semua orang menyukai popcorn sebagai cemilan, karena masih banyak variasi cemilan lainnya. Kemudian juga untuk tempat sewa yang akan dijadikan tempat penjualan harus disesuaikan dengan harga popcorn dan banyaknya penjualan yang terjadi.

Modal yang Kita Butuhkan untuk Berjualan Popcorn
Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis popcorn memang bisa dikatakan tidak besar dengan pertumbuhan profit yang lumayan tinggi. Menjalankan usaha popcorn dapat dibilang tidaklah susah dengan berbagai kemudahan menemukan bahan pembuatan popcorn yang murah dan banyak ditemukan di supermarket. Bisnis popcorn juga memberikan cara penyajian dengan inovasi popcorn bermacam rasa dari bumbu yang berbeda.

Untuk menjalani usaha popcorn dengan cara yang tidak sulit Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Pertama, buat perencanaan dalam memulai usaha popcorn Anda. Buat skema atau gambaran bisnis dengan memfokuskan macam popcorn yang akan Anda buat, misalkan popcorn yang rendah lemak (low fat). Anda bisa menjelaskan secara general mengenai jenis popcorn tersebut mulai dari rasa dan aromanya, cara pengemasan unik yang dibutuhkan, pemilihan tempat penjualan dan hal lainnya.

Baca juga  Mengintip Sejenak Peluang Bisnis Mie Mirip
2. Kedua persiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha popcorn mulai dari mesin yang akan digunakan maupun peralatan pendukung yang lainnya. Sebenarnya popcorn juga tidak termasuk makanan yang dapat mengancam kesehatan kita jika cara pengolahan maupun cara menyimpannya tetap terjaga kualitasnya.

Untuk membuat produk popcorn yang memiliki mutu, kualitas dan kepercayaan yang bagus dari konsumen tentu pastikan mendapatkan juga perizinan dari departemen kesehatan serta dengan sertifikat halal dari MUI.

3. Jika Anda ingin memasarkan produk popcorn Anda secara online atau dengan cara membungkusnya langsung dan ditawarkan kepada para supplier, pastinya Anda juga harus melabeli produk dengan brand yang unik dan baik. Dan jangan lupa untuk menyertakan bahan-bahan pada kandungan popcorn yang dibuat, berat total produk, tanggal kadaluarsa produk, informasi kandungan gizi, perizinan dari badan usaha dan informasi produksi lainnya.

4. Promosikan bisnis popcorn kepada masyarakat umum dengan cara memilih sasaran yang tepat. Bisnis popcorn ini banyak peminatnya serta tinggi akan permintaannya di kalangan masyarakat.

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang sangat penting untuk dijalankan dalam bisnis popcorn, Anda bisa langsung memulai bisnis popcorn tersebut. Bahan baku dalam usaha popcorn ini memakai biji jagung dan mentega, popcorn sendiri diproduksi dengan cara-cara memanaskan jagung dalam suhu yang tinggi hingga mengembang. Penambahan mentega dipakai sehingga menghasilkan rasa popcorn yang enak, gurih, dan nikmat. Selain bahan tadi biasanya ketika membuat popcorn juga menggunakan pewarna alami dan gula untuk membuat popcorn menjadi manis.

Resep dan Cara Membuat Popcorn
Bahan-bahan yang Dibutuhkan:
Biji jagung untuk popcorn
Mentega
Panci beserta tutupnya (bisa juga menggunakan wajan besar).
Gula bubuk
Cara Popcorn:
1. Sediakan panci di atas kompor. Sediakan dan ditakar sesuai selera jagung yang akan dibuat popcorn.

2. Campurkan 2 sdm mentega ke panci, lalu nyalakan kompor menggunakan api yang sedang. Setelah mentega mulai meleleh, kecilkan api dan masukkan 2 genggam jagung ke dalam panci.

3. Tutup panci dan sesekali goyangkan panci sehingga membuat semua biji jagung terkena mentega.

Baca juga  Memahami Struktur dan Jenis dari Laporan Keuangan
4. Biarkan beberapa saat saja, dan Anda akan mendengar suara letupan kecil di dalam panci.

5. Biarkan hingga letupan selesai, kemudian matikan kompor.

6. Buka tutup panci dan beri tambahan gula sesuai dengan selera, lalu campur rata.

Siap sajikan selagi hangat. Jika menginginkan popcorn lebih berasa dan berwarna bisa dengan cara ditambahkan dengan gula cair dan pewarna makanan alami.

Comments